post-image

Dinding GRC: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Daftar Harga, dan Penggunaannya

GRC adalah singkatan dari Glassfiber Reinforced Concrete, yang dalam bahasa Indonesia berarti beton bertulang serat kaca. GRC merupakan bahan konstruksi modern yang terbuat dari campuran beton, serat kaca, air, dan bahan tambahan lainnya seperti pigmen dan aditif.

Bahan ini memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan lama, serta tampilan yang menarik dan dapat di-customize sesuai kebutuhan pengguna. Saat ini penggunaan GRC sudah sangat umum dan kerap jadi pilihan alternatif untuk bahan konstruksi dinding bangunan. Hal ini tak terlepas dari biaya pemasangannya yang cukup terjangkau, sifatnya yang kuat, dan tampilannya yang cukup menarik sehingga cocok dijadikan sebagai interior bangunan.

Dinding GRC dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis bangunan, baik bangunan komersial maupun bangunan perumahan. Dinding GRC juga dapat dicetak dalam berbagai bentuk dan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

Kelebihan lain dari dinding GRC adalah tahan terhadap cuaca ekstrem dan korosi, serta mudah dalam proses instalasinya. Oleh karena itu, dinding GRC sering dijadikan sebagai alternatif bahan konstruksi yang lebih modern dan efisien.

Dibandingkan dinding beton, GRC ini tentu lebih hemat biaya tenaga kerja, mudah digunakan, dan juga bisa di custom sesuai keinginan. Namun, daya tahan dinding beton tentu jauh lebih kuat dibandingkan GRC, jadi untuk eksterior bangunan luar atau rangka luar bangunan bertingkat atau bangunan besar dinding beton tetaplah jadi pilihan terbaik.

Sementara itu, GRC lebih cocok untuk rumah-rumah, bangunan dengan skala kecil – menengah yang ada di lokasi yang aman (tidak rawan gempa), dan sebagai sekat atau pembatas interior bangunan.

Papan GRC (Glassfiber Reinforced Concrete) memang memiliki kekuatan yang baik dan tahan terhadap cuaca ekstrem, namun penggunaannya untuk dinding luar bangunan bertingkat tinggi (contoh gedung dengan > 20 lantai) harus dipertimbangkan dengan baik. Pada bangunan bertingkat tinggi, beban yang diterima oleh struktur bangunan sangat besar dan kompleks, jadi kamu butuh material yang lebih kuat.

Papan GRC biasanya digunakan sebagai cladding pada dinding luar bangunan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Namun, untuk bangunan bertingkat tinggi, papan GRC tidak dapat menjadi pengganti material konstruksi utama seperti beton atau baja yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih baik.

Oleh karena itu, untuk bangunan bertingkat tinggi, dinding luar harus dibangun menggunakan material konstruksi utama seperti beton atau baja. Papan GRC kemudian dapat digunakan sebagai pelapis pada dinding luar untuk memberikan tampilan yang lebih estetis dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Penting juga untuk memastikan bahwa instalasi papan GRC dilakukan dengan benar dan sesuai dengan standar yang ditetapkan agar dapat berfungsi dengan baik dan aman.